Wednesday, December 25, 2013

For ... Pengulangan pada PHP

For ... Pengulangan di PHP. For di PHP sangat penting sekali dan juga sering kita gunakan. Kode yang dimasukkan for, maka kode tersebut akan berjalan dengan berulang-ulang hingga kelipatan yang kita tentukan. Mengapa ? Mari kita bahas pada postingan ini.

Coba kita buat kode seperti di bawah ini.


Maka akan muncul :

Ini nomor 1
Ini nomor 2
Ini nomor 3

Ini saja 3 baris, bayangkan kalau anda menulis 1000 baris. Bisa-bisa keriting nanti jari anda hehehe. Baik, kembali ke topik. Lalu, bagaimana untuk mengatasinya? Maka kita gunakan for. For ini berfungsi untuk pengulangan. Sehingga kode di atas bisa diketik dengan pendek, tetapi hasilnya bisa membuat hingga 1000 baris.

Mari kita lihat kode di bawah ini.



Dengan kode di atas maka akan keluar hasil :

Ini nomor 1
Ini nomor 2
...
Ini nomor 99
Ini nomor 100

Akan keluar hasil "Ini nomor 1" hingga 100 baris.

Dari kode di atas, bisa kita lihat bahwa $i bernilai 1 dan berakhir hingga 100. Dan $i++ berfungsi sebagai penjumlahan, sehingga $i yang bernilai 1 akan dijumlah 1 secara terus menerus hingga mencapai 100. Dan kode "<br />" adalah kode HTML untuk ganti baris ke bawah.

Sekian dulu tips PHP dari saya. For atau pengulangan memang hal yang diperlukan untuk membuat suatu program khususnya pada PHP. Semoga postingan saya kali ini bermanfaat untuk anda. Jangan menyerah untuk belajar, selamat mencoba.

1 comments:

fajar said...

kunjungan sore gan...
kunjungan balik ditunggu...

Post a Comment

Silahkan komentar di sini, GRATIS..